Tak Lagi Menjadi Sang Pemimpi Negeri Laskar Pelangi

Trip kali ini sebenarnya udah diimpikan dari bulan Januari kemarin. Trus liat2 kalender, bulan Februari ada long weekend, alhasil hunting tiketlah buat tgl segitu. Hikz ternyata mahal, jadi diurungkan & malah pergi ke Sawarna. Seminggu stelah Sawarna, tmn seperjalanan trip pergi ke Belitung dg harga tiket PP 600an rb. Cuma berhubung baru nge-trip, ga jadi deh.

Bulan Maret, sesudah trip Karimun Jawa, dpt byk kenalan baru yg hobi nge-trip juga, USBEK. 🙂
Sering chat bareng, trus mutusin mau ke Belitung juga. Tiap hari kaya orang gak ada kerjaan, cuma buka website Batavia Air ama nelpon2in Sriwijaya Air (karena Sriwi gak nyantumin harga secara online & gak ad sistem booking online.. haregene??!!)
Nyocok2in ama jadwal libur, trus liat harga tiket PP Batavia Air cuma 474rb untuk tgl 28-30 Mei 2010..Betul cuma 474rb ajah! Tanpa pikir panjang langsung klik issued. Hehehehe..Mulailah nyetan2in penggila trip USBEK. And guess what?? 28 orang ajah gitu loh yg join.. Wwkwkwkwk

Akhirnya setelah 2bulan penantian, 28 Mei 2010 datang juga. Dengan modal packing malam2nya, semua persiapan dari mulai kolor sampe kamera udah msk smua. Trus ya, saking excitednya, gw naek damri dari Pasar MInggu jam7 pagi, padahal pesawat masih pkl 10:30..Xixixixi.. Sampe2 topi kesayangan gw ketinggalan…Huwaaaa
Oiya, untuk hotel, sewa mobil & sewa perahu selama di sana udah kami lakukan sejak tiket di-issued..:)
Sesampainya di terminal 1B, loket check in belum dibuka. Yaiyalah masi jam 8 kurang…Hahahaha Tapi udah ada bbrp orang yg udah sampe, jadi kumpul2 dulu deh.Setelah check in dibuka, kami ber-29 bergerombol menuju gate. Karena masih lama, mulailah gw nagih2in anak2 biaya patungan selama di sana, berasa debt collector gt..
Pkl 11:00, kami mulai dipersilahkan boarding. Busyeeettttt….Panassssssssssssssssssss…Gw biasa naek metromini 640 ajah gak pernah sepanas itu…Alhasil 45 menit penerbangan berasa sauna bersama SAUNA AIR! Tapi dlm hati, apa yg lo harapkan dari penerbangan 474rb PP…Hahahaha..Udah bagus di dlm dpt air mineral gelas + roti (yg baru gigit sedikit langsung ga niat gw abisin).
Udah gitu landingnya, alhamdulillah tuh roda kagak patah! Gejedug gitu. Gak ada smooth2nya. Istighfarlah gw pas landing.
Tapi skali lg, alhamdulillah udah berhasil mendarat di bandara H.A.S. Hanandjoeddin Tanjung Pandan.

Setelah foto2 narsis di depan pesawat sambil terpesona ama awan2 di sana, rombongan beranjak ke masjid terdekat untuk sholat Jum’at. Trus abis sholat Jum’at, kami meneruskan perjalanan ke Jl Sriwijaya untuk makan Mie Belitung yg terkenal harus dicoba selama di Belitung. Mie ini rasanya sedikit manis tp pas ditambah sambalnya. Maknyossssss..
Setelah kenyang, kami menuju Hotel Martani dulu untuk check-in serta menaruh tas2 karena letaknya dekat dg Jl Sriwijaya (emang kotanya kecil). Lalu kami ke spot wisata pertama, yaitu Danau Tambang Kaolin. Pas turun dari mobil, kami semua terpesona dengan keindahannya. Hamparan tanah bekas penambangan kaolin bisa menjelma menjadi keindahan alam seindah itu. Subhanallah.
Jeprat-jepretlah gw sepuas hati.. 🙂
Puas (sbnrnya blm keexplore semua) dg keindahan Danau Kaolin ini, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Tinggi untuk hunting sunset. Oiya ini pantai tempat syuting Laskar Pelangi & Sang Pemimpi (ada plangnya gitu).. Gw susurin tuh pantai dari ujung ke ujung, melewatkan kesempatan buat basah2an. Walau pas sampe ujung kiri, ternyata masih ada pantai laen..Hikzz
Sunset telah didapat, kami melanjutkan perjalanan ke restoran Sari Laut, katanya terkenal enak.
Sampe sana, penuuuuuuuuuhhhhh….
Langsung mesen, ternyata makanan lamaaa banget datangnya. Liat bulan bnr2 bulat, langsung motret2 deh…Hehehehe…Makanan datang…Kami menyerang…Pas minta bill. Etdah, mahal bets..Patungan 57rb bwt 7org. Trus sampe hotel ternyata 7org laen dikasih harga yg beda untuk menu yg sama…Huwaaaaa…
Baiklah, saatnya istirahat untuk siapin stamina besok.

Pagi2, kami langsung menuju Pantai Tanjung Kelayang karena di sinilah perahu kami menunggu.
Then the sailing begins!
Perhentian pertama adalah Pulau Babi.. Pantai pasir putih dengan batu2 granit besar. Di sini kami hanya sebentar karena nanti sore kami akan kembali ke sini. Lalu kami melanjutkan perjalananan ke Pulau Burung, di sini ada tumpukan karang yg menyerupai burung. Potret2, jepret2…Puas…Perahu kembali berlayar, kali ini menuju Pulau Lengkuas yg terkenal karena mercusuarnya. Sampe di Pulau Lengkuas, rameeeeeeeeeeeeee!!! Udah kaya Ancol. Mood gw ilang, tapi tetep harus naek ke puncak mercusuar. Lantai per lantai, naek trus foto2 dari jendelanya. Bagusssssssssssssssssssss…
Setelah puas, perahu gw (ya cuma 1 perahu aja ber-7) berlayar ke laut dekat Pulau Babi karena anak2 di perahu kami belum snorkeling. Akhirnya, waktu basah2an tiba!
Tapi, pas nyebur, kecewa karena karangnya gak bagus (mindset udah kena karang KarJaw). Isinya banyak bulu babi..Hikzz

Lalu stelah puas, kami mendarat di Pulau Babi (lagi) untuk beristirahat. Setelah beristirahat, 2 perahu melanjutkan sailing ke Pulau Batu Berlayar..Tumpukan batu2 di atas seonggok pasir. Tapi bagussss….
Lalu perahu kembali bersandar ke Tanjung Kelayang karena ombak sudah mulai besar.
Di Tanjung Kelayang kami kembali hunting sunset. Lalu perjalanan dilanjutkan ke kota Tanjung Pandan untuk hunting oleh2 di Gallery UKM & makan di Cencen Pondok Impian (another seafood resto).

Hari ketiga, saatnya pulang..Hikz…Padahal belum puas..Belum diexplore semua. Belum ke Belitung Timur. Tapi yg penting sekarang gw tak lagi menjadi Sang Pemimpi Negeri Laskar Pelangi.

Full album perjalanan ini dapat dilihat di Belitung