Videostory: Derawan

Derawan..Sekitar 2-3 tahun lalu, tempat ini belum begitu populer di kalangan traveler. Dan th 2010, gw berkesempatan ke sana. Kemudian diberikan kesempatan ke sana lagi di th 2011. Derawan ini sendiri termasuk ke dalam provinsi Kalimantan Timur.

Yang terkenal di sini adalah danau Kakabannya yang berisi ubur-ubur tanpa sengat. Terdapat 4 jenis ubur-ubur yaitu  Aurelia aurita, ubur ubur totol Mastigias cf papua, ubur-ubur kotak Tripedalia cystophora, dan ubur-ubur terbalik Cassiopea ornate. Selain itu, juga terdapat populasi penyu yang cukup banyak serta mantanya.

Cara mencapai Derawan dari Jakarta:

  1. Jakarta-Balikpapan menggunakan pesawat, lalu dilanjutkan perjalanan ke Berau. Ke Berau dari Balikpapan bisa dilakukan dg 2 jalur: udara (1 jam dg ongkos 400-800rb skali jalan) atau jalur darat (12 jam). Sesampainya di Berau, kita masih harus menempuh 2 jam perjalanan darat ke Tanjung Batu. Nah dari Tanjung Batu inilah banyak speedboat2 reguler yg mengantarkan tamu2 ke Derawan dg ongkos sewa 1 boat 250rb skali jalan dengan kapasitas 5orang dengan waktu tempuh 30menit.
  2. Jakarta-Tarakan menggunakan pesawat, lalu dilanjutkan menggunakan speedboat sewaan direct ke Derawan dengan waktu tempuh 3-5jam tergantung kondisi ombak. Atau bisa juga dr Tarakan menggunakan perahu reguler ke Tanjung Selor selama 1jam, dilanjutkan perjalanan darat ke Berau selama 5jam, lanjut ke Tanjung Batu sekitar 2jam, baru deh ke Derawan. Kalo pergi melalui jalur Tarakan, jangan lupa mampir ke taman kotanya. Jadi bisa sekalian lihat Bekantan. Itu lho, hewan seperti kera yang berhidung besar dan dijadikan maskot Dufan.

 

 

 

Advertisements

15 responses to “Videostory: Derawan

    • hayoook…..klo k Derawan lg…nggg…masi ga kpikiran teh…dah 2x…yoa bisa berenang brg penyu lhooo :p

  1. Pidionya bagus two thumbs up!!, kura-kuranya lucuk tapi jellyfish nya dikit 🙂 Ditunggu pidionya yang laen yah bro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s