3 KOTA, 4 MENARA

Mengunjungi suatu kota pasti bakalan menyempati ke icon atau landmark kota tersebut kan. Sebut saja Jakarta yang identik dengan Monumen Nasional, Kuala Lumpur dengan Suria KLCC-nya, Singapura dengan Merlion-nya, Paris dengan Eiffel-nya atau Pisa dengan menara miringnya. Nah, ketika mengunjungi Jepang, gue juga nggak melewatan kesempatan mengunjungi landmark 3 kota yang gue kunjungi. Lah, kota yang dikunjungi cuma 3 tapi kok ada 4 menara? Mau tau aja atau mau tau banget? Hahaha

<<<< Tokyo Skytree >>>>

Tokyo Skytree

Tokyo Skytree

Tokyo Skytree menjadi tujuan awal gue ketika mengunjungi Tokyo, baru sampai di penginapan menaruh tas, langsung menuju ke icon baru kota Tokyo ini. Untuk menuju ke Tokyo Skytree, bisa naik Tobu Skytree Line dan turun langsung di stasiun Tokyo Skytree. Tokyo Skytree memiliki ketinggian 634 meter dimana 34 meter lebih tinggi dari Menara Canton di Guangzhou China (yang sebelumnya adalah menara tertinggi di dunia) dan hampir lima kali lebih tinggi dari Monas (132 meter). Tetapi bangunan tertinggi di dunia masih tetap dipegang oleh Burj Khalifa di Dubai dengan ketinggian 829 meter. Tokyo Sky Tree dibuka untuk umum pada 22 Mei 2012.

<<<< Tokyo Tower >>>>

Tokyo Tower

Tokyo Tower

Pertama kali tahu tentang Tokyo Tower dari salah satu karya CLAMP berjudul Magic Knight Rayearth, dimana ketiga tokoh utamanya β€œterjebak” ke dunia lain dengan portal di Tokyo Tower. Jadilah Tokyo Tower menjadi salah satu tempat impian yang wajib dikunjungi bagi gue kalau gue mengunjungi Jepang.. Tokyo Tower dengan ketinggian 332 meter telah berdiri sejak tahun 1958. Menara ini terlihat dengan ciri khasnya yang berwarna jingga-putih, terdiri dari beberapa lantai dan pada lantai paling atas pengunjung dapat melihat seluruh penjuru Tokyo. Walaupun saat ini sudah ada Tokyo Skytree, menara ini tetap ramai dikunjungi karena menara merupakan landmark yang sangat melekat dengan image kota Tokyo. Jika ingin jalan kaki menuju Tokyo Tower-nya tidak terlalu jauh, stasiun terdekatnya adalah stasiun Onarimon yang sayangnya bagi pemegang Japan Rail Pass (JRP) tidak dapat memanfaatkan JRP karena tidak termasuk JR. Pemegang JRP dapat turun di stasiun Hamamatsucho yang termasuk JR, tetapi jarak jalan kakinya lumayan jauh.

<<<< Kyoto Tower >>>>

Kyoto Tower

Kyoto Tower

Begitu sampai di Kyoto dan keluar stasiun, Kyoto Tower sangat mencolok mata karena letaknya yang berseberangan dengan stasiun. Menara setinggi 131 meter ini merupakan bangunan tertinggi di Kyoto. Dan di antara kuil-kuil yang memang membuat Kyoto terkenal, menara ini merupakan salah satu dari beberapa bangunan modern di kota ini. Lantai dimana terdapat observation deck terletak pada ketinggian 100 meter dan menawarkan pemandangan panoramic 360 derajat kota Kyoto. Sayangnya, kemarin nggak sempat naik ke atasnya. Huhuhu. Menara ini dibangun pada tahun 1964 dengan konsep menyerupai mercusuar sehingga menyinari kota Kyoto #ceileh.

<<<< Osaka Tower >>>>

Osaka Tower

Osaka Tower

Menara di Osaka bernama Tsutenkaku yang berarti menara yang menggapai surga. Menara ini memiliki ketinggian 103 meter dengan observation deck pada ketinggian 91 meter. Menara aslinya dibangun pada tahun 1912 namun kemudian dirubuhkanpada tahun 1943 untuk menjadi pasokan besi Perang Dunia II *kasian amat*. Setelah perang berakhir, warga meminta pembangunan ulang Tsutenkaku dan akhirnya dibangun pada tahun 1956 dengan desain berupa kombinasi Eiffel dan Arc de Triomphe di Paris. Ketika di Osaka, gue juga nggak sempat mengunjunginya dari dekat. Padahal letaknya cukup dekat dari penginapan. Jadilah gue cuma mengabadikannya lewat foto saja. Hikz.

Advertisements

9 responses to “3 KOTA, 4 MENARA

    • salam kenal jg mbak…
      sapa tau dg membaca bisa “membawa” ke sana & ikutan bisa ke sana πŸ˜€

  1. Mas…..bisa minta info bus willer dr Tokyo ke Osaka…bln dpn ada trip kesana cuma masih bingung beli tiket willernya….Tks Mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s