ADRENALIN RUSH DI FUJIKYU

Apaan sih Fujikyu? Gunung Fuji? Jadi, Fujikyu atau lengkapnya Fuji-Q Highland adalah sebuah themepark di Jepang yang terletak di kaki gunung Fuji dan terkenal akan rollercoaster-nya. Yup, emang themepark ini nggak seterkenal themepark lain di Jepang seperti Disney Resort yang memiliki Disneyland dan Disneysea atau Universal Studio Japan di Osaka. Tapi bagi penggila rollercoaster dan kebetulan berada di Tokyo, pasti nggak bakal melewatkan kesempatan menaiki beberapa rollercoaster yang sempat memecahkan rekor Guinness Book dalam hal ketinggian, kecepatan, panjang dan juga rollercoaster 4 dimensi. Namun, Fujikyu tak hanya menawarkan rollercoaster saja kok, masih banyak wahana lainnya termasuk wahana untuk anak-anak dalam mini themepark mereka bertema ThomasLand. Terus bagaimana akses ke sana dari Tokyo? Bagi yang sudah pernah ke danau Kawaguchi dari Tokyo, mungkin sekilas melihat taman bermain 1 stop sebelum Kawaguchiko. Iya, itulah Fujikyu. Jadi, untuk mencapainya dengan kendaraan umum dari Tokyo, kalian cukup naik bus antarkota dari Shinjuku Expressbus Terminal. Tujuannya? Tinggal bilang saja ke petugasnya kalo kalian mau ke Fujikyu. Tidak semua petugas karcis di terminal ini bisa berbahasa Inggris, tapi ketika kita menyebutkan kata Fujikyu, dia mengerti kok.

Di depan gate

Di depan gate

Berapa budget yang perlu disiapin untuk ke Fujikyu, Tho? Harga tiket bus untuk perjalanan sekitar 2 jam ini sebesar 1.700 yen sekali jalan, jadi bolak-balik 3.400 yen. Biaya masuk themepark-nya sendiri senilai 5.000 yen. Itu all-day-pass ya. Jadi bisa naik semua wahana lagi tanpa perlu beli-beli tiket naik wahana lagi, kalo di Dufan, tiket terusan. Mahal? Cukup mahal memang, tapi bagi gue, worth it! Jika dibandingkan Disneyland atau Disneysea (6.200 yen) dan Universal Studio Japan (6.600 yen), Fujikyu masih lebih murah kok. Ada trik supaya bisa lebih murah dari 3.400 + 5.000 yen kok. Gimana caranya? Di website Fujikyu disebutkan kalo mereka punya harga khusus kalo kita membeli paket bus PP + all-day-pass. Nama paketnya Q-Pack dan harganya 7.300 yen. Lumayan kan 1.100 yen bisa untuk beli souvenir. Hahaha. Tapi, beli Q-Pack nggak bisa langsung ke terminal Shinjuku ya. Terlebih dahulu harus reservasi via internet . Cuma reservasi tanggal dan jam berangkat ama tanggal dan jam kepulangan aja kok, tanpa bayar lebih dahulu. Nah nanti di petugas tiket terminal Shinjuku tinggal bilang kalo kita mau beli Q-Pack sambil nunjukin print out reservasi busnya.

Kemarin gue booking keberangkatan dari Shinjuku ke Fujikyu untuk pukul 7:10 dan kepulangan pukul 17:03 dari Fujikyu. Alasan gue ambil kepergian dan kepulangan jam segitu karena jam buka Fujikyu baru pukul 8:30 dan tutup pukul 17:00. Jam tutup Fujikyu memang nggak semalam Disney atau USJ. Bakal lebih malam 1 jam kalau weekend aja. Duapuluh menit sebelum keberangkatan gue udah menukarkan paket Q-Pack gue. Dan tepat pukul 7:10 bus berangkat menuju Kawaguchiko. Perjalanan selama 2 jam gue abiskan dengan tidur. Hahaha. Karena excited dengan pemandangan sudah lunas ketika perjalanan sebelumnya ke Kawaguchiko. Lagian perlu timbun tenaga untuk antre wahana. Hehehe. Pukul 9:00, bus sampai di halte Fujikyu, guepun buru-buru menuju loket tiket untuk menukarkan Q-Pack dengan tiket masuk. Setelah menukarkan tiket dengan tiket masuk, kita beralih ke booth foto. Hah? Ngapain? Jadi, tiket masuknya bakal ditukarkan lagi dengan tiket dengan foto kita. Lucu. Hahaha. Selesai foto yang hasilnya cupu L, gue langsung masuk. Depan pintu masuk, langsung terlihat tulisan besar FUJIYAMA. Melihat antrean yang tidak terlalu panjang, guepun buru-buru antre. Fujiyama merupakan rollercoaster tertinggi dengan tinggi 79 meter dengan kecepatan 130 KM/jam. Ahhh, kebayang serunya naik rollercoaster dengan view gunung Fuji. Alhamdulillah, antre nggak terlalu lama, cukup ½ jam udah sampe di atas. Sebelum naik ke rollercoaster, semua barang-barang wajib dititipkan di loker yang tersedia. Kunci lokernya diikatkan di gelang karet yang nanti digelangkan di tangan kita. Begitu naik, jantung mulai berdegup kencang. Ketika rollercoaster melaju, mulai nggak karuan deh. Rollercoaster dibawa ke ketinggian 79 meter. Iya, jadi di atas ada tulisannya 79 meter plus tulisan Guinness Record. Hahaha. Berhenti sejenak “disuruh” menikmati pemandangan, lalu dibawa berkeliling Fujikyu. Keasikan ber-rollercoaster dengan Fujiyama berakhir dalam waktu kurang dari 1menit. Hikz. Kalo di Dufan gue mungkin udah teriak “Lagi, lagi, lagi”. Hahaha. Rasanya pengen antre lagi, tapi rollercoaster-nya nggak cuma Fujiyama kan.

Menurunkan adrenalin yang masih tinggi, gue masuk ke Evangelion World yang letaknya emang di samping Fujiyama. Wah, bagi pecinta Eva pasti bakal Evagasm di sini. Semua tokoh, robot sampe monsternya ada di sini. Ruangannya pun di-setting seperti set di anime-nya. Sayangnya bukan berbentuk wahana, jadi gue nggak berlama-lama di sana. Toh gue bukan penggemar Eva. Tapi biar nggak rugi aja udah beli all-day-pass. Hehehe. Keluar dari Evangelion World, mata gue tertuju ke wahana seperti bandul. Namanya Tondemina. Jadi, kita duduk di kursi yang berbentuk memutar, kemudian seperti bandul, kita dipontang-panting dengan kursi juga turut memutar. Sekali naik 50 orang, jadi tidak terlalu antre. Bahkan gue langsung naik. Hehehe. Sama halnya seperti di Fujiyama, semua barang dititipkan terlebih dahulu di loker. Gue juga lepas sepatu gue, daripada nanti terlepas terus gue nyeker. Hahaha. Gue dapat di kursi nomor 25, itu di samping sih. Tapi, ketika Tondemina mulai beraksi, justru kursi-kursi samping inilah yang bakalan berada di teratas. Hahaha. Sepanjang aksi Tondemina, gue cuma ketawa-ketawa mendengar teriakan cewek di samping gue. Hahaha.

Tondemina

Tondemina

Takut nggak keburu mencoba rollercoaster ekstrim lain, gue beralih ke antrean Eejanaika. Eejanaika merupakan rollercoaster 4 dimensi. Hah? Apa pula rollercoaster 4 dimensi? Kaya studio 4DX-nya Blitz? Nggak, jadi 4 dimensi di sini, selain si rollercoaster melaju mengikuti lintasannya, kursi penumpangnya juga bisa berputar 360 derajat sepanjang lintasan. Hahaha. Guepun nggak bisa membayangkannya sebelum naik. Antrean Eejanaika ini lumayan panjang. Hampir 1.5 jam gue antre untuk sampai akhirnya menikmati naik rollercoaster 4 dimensi. Untungnya, Eejanaika ini ada 2 kereta, jadi antrean terbagi 2. Kebayang kalo cuma 1 kereta, gue bisa antre 3 jam! Huhuhu. Sebelum giliran gue, sempat lihat penumpang lain naik dan ternyata, kita bakalan dibawa Eejanaika dengan terbalik. Yup, kita madep belakang! Dan saat itu, gue dapat di kursi belakang! Hahaha. Lucunya, sebelum melaju, para kru Eejanaika bertepuk tangan dan menyanyikan sesuatu dalam bahasa Jepang yang gue nggak ngerti. Hahaha. Mungkin maksudnya biar nggak tegang kali ya. Eejanaika mulai melaju. Sepanjang lintasan, badan dipontang-panting, mutar depan-belakang. Pokoknya seru pake banget! Sayangnya, seperti rollercoaster lainnya, lamanya permainan nggak selama antrenya. Huhuhu. Bagi gue, Eejanaika ini BEST ROLLERCOASTER EVER! Etapi kan masih ada 2 rollercoaster ekstrim lagi. Hehehe. Pokoke ini THE BEST dah!

Selama antre Eejanaika, gue terus melihat peta Fujikyu. Dan gue lihat Takabisha dan Dodonpa letaknya berdekatan. Takabisha merupakan rollercoaster yang terkenal dengan kecuraman 121 derajat. Yup, Takabisha akan membawa seolah-olah kita terjatuh. Kalo dilihat dari video animasi Takabisha, lintasannya ibarat naga. Antrean Takabisha lebih ajaib lagi, panjang pake banget! Kayanya wahana paling popular emang di Takabisha ini. Atau karena wahana terdekatnya yaitu Dodonpa sedang ditutup jadi semuanya beralih ke Takabisha. Hikz, Dodonpa sebagai rollercoaster tercepat tutup. Kecepatan Dodonpa bisa mencapai 172 KM/jam! Tapi belumnaik Dodonpa bisa jadi alasan ke Jepang lagi! Kaya kebanyakan duit aja. Hahaha. Antre Takabisha cukup 2 jam saja! Guepun makan siang bekal sambil antre. Semoga aja pas naik wahana nggak muntah. Hihihi. Begitu sampai di depan, lagi-lagi dewi Fortuna berpihak ke gue. Gue dapat kursi di depan karena ada anak kecil takut di depan. Yay! Begitu melaju, kita nggak langsung dibawa ke lintasan tercuramnya, tapi dibawa muter-muter dan naik-turun dulu. Nah, begitu sampai di lintasan tercuram, rollercoaster dibuat diam dulu di atas. Yak, digantungin dan di-PHP-in gitu deh. Semua penumpang lain berhitung dalam bahasa Jepang dan ketika hitungan ichi, mulailah kita dijatuhkan! Kayanya mereka yang berhitung udah pernah naik sebelumnya. Sumpahnya, jantung berasa mau copot pas jatuh. Kayanya lepas tuh di atas lintasan. Hahaha.

Dikarenakan masih belum waktunya pulang dan nggak mau rugi. Guepun mencari-cari wahana lain. Sempat ke Gundam Crisis, tapi ternyata hanya dalam bahasa Jepang, jadi gue mengurungkan niat antre. Wahana di peta yang gue lihat cukup esktrim adalah Panic Clock, Red Tower dan Great Zaboon. Di Panic Clock, sesuai namanya, wahana berbentuk 2 jarum jam rusak. Kita diputar-putar ke atas-ke bawah. Awalnya gue kira hanya 1 putaran, ternyata nggak! Lumayan serulah. Gue beralih ke Red Tower. Mirip Histeria di Dufan gitu, jadi ya bisa ketebaklah ama gue gimana ya. Kalo di Great Zaboon ini mirip ama Niagaranya Dufan. Bedanya adalah cipratan airnya benar-benar ekstrim! Basah kuyup semua badan. Untungnya gue bawa jas hujan. Hahaha. Kalo dihitung-hitung, dengan Q-Pack, all-day-pass cuma bayar 3.900 yen. Terus di dalam Fujikyu, gue udah naik Fujiyama (1.000 yen), Takabisha (1.000 yen), Eejanaika (1.000 yen), Tondemina (600 yen), Evangelion World (800 yen), Red Tower (600 yen), Panic Clock (600 yen) dan Great Zaboon (800 yen) yang totalnya 6.400 yen!

Saat naik Eejanaika & Fujiyama

Saat naik Eejanaika & Fujiyama


Advertisements

11 responses to “ADRENALIN RUSH DI FUJIKYU

    • semua theme park (USJ, Disneyland/Sea & FujiQ) buka sepanjang tahun. Khusus FujiQ biasanya ada sehari dlm sebulan mereka tutup utk maintenance. Jd cek website mereka & sesuaikan itin ya

  1. Hiii

    Thanks buat infonya!
    Anyway.. Nanya doonk.
    Saya kan cuma mau ke thomas land ni ngajak anak… Terus niatnya yang lain ga naik.. Itu enaknya gimana ya pembelian tiketnya?
    Makasi banyak

    • Hi Mbak,
      Terima kasih udah mampir. Karena Thomasland lokasinya di dalam Fujikyu, jadi nanti mbak beli entrance ticketnya aja (sekitar 1400yen). Nanti pas di Thomasland beli tiket lagi untuk ke Thomasland nya (saya kurang tau berapa). Semoga membantu

    • kalo buka nggaknya roller coaster nggak tau sih. pas saya di sana salah satu nggak operasi. di websitenya cuma ada info tutupnya fujiq

  2. Hi! thank you infonya..
    mau nanya, untuk Q pack itu apa bisa dipakai dengan rute : shinjuku – kawaguchiko – fujiQ – kawaguchiko – shinjuku?
    Thanks!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s