#AnthoJourney 2014

Beberapa waktu kemarin gue pernah menanyakan “Kalo dapat cuti 45 hari kerja, mau traveling kemana?” di twitter, Path dan Facebook. Beragam jawaban gue terima, dari keliling Indonesia sampai keliling negara-negara di luar negeri. Pasalnya, cuti adalah hak yang sangat sedikit diberikan di perusahaan-perusahaan di Indonesia. Umumnya, perusahaan memberikan hak cuti selama 12 hari untuk 1 tahunnya. Belum lagi, beberapa perusahaan suka “memaksakan cuti” ke karyawannya dengan mewajibkan cuti bersama. Bagi beberapa traveler, cuti bersama ini menguntungkan. Tapi bagi gue, justru hal ini merugikan. Kenapa? Jatah cuti yang cuma 12 hari setahun itu dikurangi untuk libur yang harus dipaksakan saat harga-harga pun mahal. Hehehe. Nah, inilah keuntungan di kantor gue, nggak perlu ikut-ikutan cuti bersama. Sesuai prinsip gue, “Bekerjalah saat orang lain libur dan liburanlah saat orang lain bekerja”. Tambahan lagi, perusahaan gue (maksudnya perusahaan tempat gue bekerja) memberikan cuti besar selama 45 hari kerja kalo masa bakti lo udah 6 tahun!! Lama juga ya gue bertahan di perusahaan ini. Hehehe.

Cring-cring. “Mau kemana??”. Beragam ide membanjiri. Apa mau keliling Indonesia dari barat ke timur? Eksplore ASEAN? Australia & New Zealand? Atau kemana??? Sampai tiba-tiba, Allah berbicara melalui hati gue yang terlahir muslim. Apa nggak mau umroh aja? Deg! Akhirnya, gue mulai ngubek-ubek persyaratan dan biaya umroh. Gue juga nanya-nanya ke beberapa teman yang telah melaksanakan ibadah umroh. “Terus abis umroh lanjut kemana?”. Pertanyaan itu melintas karena umroh kan cuma 9 hari, lah sisa cutinya bisa dimanfaatin sekalian. Wishlist destination gue mulai menari-nari di otak! Jaraknya yang sudah dekat dengan Arab Saudi membuat gue memasukkan Socotra ke dalam plan #AnthoJourney. Mulailah berkutat dengan plan umroh++ gue. Iya, gue merencanakan selesai umroh langsung ke Socotra. Umroh plus Socotra paling cuma 2 mingguan. Bablasin ajalah sekalian Timur Tengah lain dan Eropa! Iyak. I’m an impulsive traveler. Hahaha. Acak-acak negara mana aja yang possible, sampai akhirnya diputuskan ke Arab Saudi-Yaman-Yordania-Mesir-Belanda-Belgia-Perancis-Jerman-Austria-Swiss-Italia-Yunani-Turki. 😀

Mulailah googling dan cari-cari travel agent untuk umroh yang tanggalnya PAS dengan plan cuti dan traveling. Nggak, gue nggak umroh backpacking. Kenapa? Karena sekalian boyong orangtua. Hehehe. Setelah cocok dengan satu travel, ternyata Allah berkata lain. Ketika proses pengurusan visa umroh, pihak kedutaan Arab Saudi mewajibkan peserta umroh untuk kembali ke tanah air setelah umroh selesai (tiket Indonesia-Arab Saudi PP). Ini adalah salah satu bentuk penanggulangan pihak Arab Saudi terhadap TKI ilegal di sana. Bubar jalan dengan plan umroh++. Rombak total semua plan! Karena udah deal dengan pihak travel umroh, maka plan umroh nggak bisa diutak-atik. Alhasil, gue bikin plan setelah umroh pulang dulu sekitar 4 hari, baru lanjut ke Socotra. Buang-buang waktu dan energi sih. Walaupun ternyata ada hikmah di balik itu. Nanti hikmahnya di postingan sendiri aja. Hahaha 🙂

Rute #AnthoJourney adalah sebagai berikut:
1. 7-15 April 2014: Umroh
2. 16-19 April 2014: Istirahat di rumah
3. 20-24 April 2014: Socotra & Sana’a, Yaman
4. 25-29 April 2014: Amman & Petra, Yordania
5. 30 April – 1 Mei 2014: Kairo, Mesir
6. 2-3 Mei 2014: Amsterdam, Belanda
7. 4 Mei 2014: Brussels, Belgia
8. 5-7 Mei 2014: Paris, Perancis
9. 8-9 Mei 2014: Munich, Jerman
10. 10 Mei 2014: Salzburg, Austria
11. 11-13 Mei 2014: Interlaken & Luzern, Swiss
12. 14-21 Mei 2014: Milan, Venezia, Florence, Pisa, Cinque Terre, Roma & Pompeii, Italia
13. 22-25 Mei 2014: Athena & Santorini, Yunani
14. 26 Mei – 2 Juni 2014: Selcuk, Pamukkale, Cappadocia & Istanbul, Turki

#AnthoJourney Route

#AnthoJourney Route

26 responses to “#AnthoJourney 2014

  1. Mas, saya melongo baca itinerarynya. Keren banget! Jujur saya jadi iri sama mas karena saya pengen juga datengin negara-negara itu.
    Kalo diliat jadwalnya, transportasi antar negara sepertinya naik pesawat ya berhubung waktunya sempit. Kalo nggak ngerepotin, bisa di breakdown nggak mas rinciannya gimana? Karena pesawat kalo one-way kan selalu lebih mahal dari 1/2 harga return-nya. Atau mas ada trik-trik tertentu biar dapet murah? Saya ada planning Euro Trip dengan nambahin Mesir, tapi pas cek pesawat dari kota di Eropa ke Mesir one-way 3-5 juta 😦
    Once in a lifetime trip banget nih, Mas. Terima kasih sudah buat saya iri sehingga bisa termotivasi juga hehehe

    • Thx udah mampir.. Dan bagus klo termotivasi. Hehehe..
      Utk breakdown itinerary, mungkin lebih baik saya email saja kali yaa..
      Utk transportasi antar negara di Eropa sih naik kereta kecuali dr Roma ke Athena (naik EasyJet yg murah). Klo rajin cek airlines & diplan jauh2 hari sepertinya harga flight bisa murah sih Mas

  2. Nikmatnya bisa dpt cuti 45hari.
    Kalau boleh,mau donk share ttg turki 😄susah ga transportasi antar kotanya?

    • lg blm mood nulis nih mbak. hahaha
      klo transport antarkota, gampang kok…tp mayoritas bus atau pesawat…kmrn coba jg kereta sih

  3. kesan pertama selesai ngebaca … waww… gilla,,,, keren … mantap dan kapan saia bisa jalan2 sprti mas….

  4. hallo mas antho..
    saya kebetulan mampir ke blog nya mas pas lg cari info petra, jordan.
    dan sepertinya mmg belum ditulis ya artikelnya 🙂
    anyway mau nanyain nih, pas bulan mei kemarin kesana gimana kondisi keamanannya ya, mengingat secara geografis jordan ini berbatasan langsung dengan syria yg sedang konflik. inshaAllah saya merencanakan ke jordan bulan desember ini.
    terimakasih 🙂

    • hallo mbak aisyiyah,

      sedang ditulis bagian petranya. hehe
      klo secara kondisi keamanan, jordan aman kok buat turis. seperti halnya waktu saya ke mesir, saat itu ada pemboman bus turis, tp itu memang yg dkt daerah konflik saja. jd asal kita nggak ke daerah konflik sih aman ya. semoga membantu

      • Halo mbak aisyiyah, hehee, sempit dunia yo..konco mangan bakso neng kantor iki des 🙂

  5. Wow keren banget mas Anto. Jadi termotivasi! Aku rencana ke turki dan yunani tahun 2015. Boleh nggak aku minta itinerary-nya untuk turki dan yunani? Juga transport antar kota dan budgetnya hehe.. Situasi turki sekarang gimana ya? Aman nggak? Hehe

Leave a Reply

