Mencuri Lukisan The Last Supper

Sebagai penggemar Da Vinci Code karya Dan Brown, begitu memiliki kesempatan mengunjungi Eropa dalam #AnthoJourney, gue tentunya ingin melihat karya Leonardo Da Vinci secara langsung. Dua karyanya yang disebut-sebut dalam novel Da Vinci Code adalah Monalisa dan The Last Supper. Kalo Monalisa gampanglah dicari, cuma di Museum Louvre Paris. Guepun mulai meng-googling The Last Supper. Lukisan ini terletak di kota Milan, Italia; tepatnya di gereja Santa Maria delle Grazie. Paris dan Milan pun masuk ke dalam itinerary #AnthoJourney. Dari informasi yang gue dapat, tiket masuk ke dalam Louvre mudah didapat on the spot tetapi tiket masuk melihat The Last Supper tidak dapat dibeli on the spot. Tiketnya harus dibeli online melalui vivaticket. Keribetan lain untuk melihat The Last Supper adalah tiketnya dijual 3 bulan sebelum. Dan dikarenakan jumlah tiket yang dijual sedikit jadi kita harus bersaing dengan travel-travel di Italia! Huft. Tiketnya sih cukup murah, cuma 6.5 EUR ditambah 1.5 EUR untuk biaya booking. Tiga bulan sebelum Mei 2014, gue mulai register ke vivaticket dan mencari slot kosong di tanggal yang udah gue plot di itinerary. Jreng jreng! Di tanggal yang gue pengen udah full! Geser 1 hari, ada slot yang kosong di pukul 11:15!! Buru-buru klik dan beli walaupun harus mengubah itinerary. Huhuhu

Sampailah pada hari gue di Milan untuk melihat langsung The Last Supper. Ketika menunggu ketemu traveler dari Cina bernama Rong yang datang langsung ke gereja Santa Maria delle Grazie karena pikirnya tidak mungkin sold out dan ternyata dia kehabisan tiket. Sebelum giliran gue masuk dan sebelum berpisah gue bilang ke Rong, “Let’s see if I can take a picture of The Last Supper for you”. Ketika mau masuk ke dalam ruangan terpampang larangan memfoto. Waduh. Nggak bisa menepati janji ke Rong deh. Untuk masuk ke dalam ruangan dimana lukisan berada, kita harus melalui 2 kali pintu otomatis. Pintu pertama terbuka ketika kita menunjukkan tiket. Nah, pintu kedua terbuka ketika ke-30 orang yang di dalam ruangan sudah meninggalkan ruangan pameran. Yup, untuk memasuki ruangan pameran dibatasi 30 orang selama 15 menit saja! Huft. Sesampainya di dalam, gue langsung ke depan untuk “menikmati” The Last Supper sambil membaca penjelasannya. Sambil iseng, gue ubah setting kamera yang menggantung di leher menjadi “movie” dan klik, gue klik shutter. Hahaha.

Curian The Last Supper

Curian The Last Supper

Ketika “mencuri” The Last Supper sebenarnya agak takut kejadian semacam kualat keulang. Jadi pas di kuil Sanjusangendo di Kyoto Jepang yang ada larangan memfotonya gue nekat memfoto. Daaannnnn, foto-foto di HP gue terformat tanpa sengaja. Hikz. Alhamdulillah nggak terjadi apa-apa dan gue bisa menunjukkan The Last Supper ke Rong.  IMHO, kalau mau melakukan larangan memfoto, harusnya diberlakukan perlakuan seperti di Museum Nasional Mesir di Kairo. Di sana, semua perangkat foto tidak diperkenankan masuk ke dalam museum dan disimpan di luar. Begitu mau masuk ke dalam museum juga ada pemeriksaan dengan metal detector. Hehehe. Selain itu, agak bingung dengan larangan memfoto The Last Supper ini. Lukisan-lukisan maupun gambar imitasinya sudah banyak beredar. Lagipula lukisan ini berupa fresco di dinding, siapa yang mau mencuri? Kalau yang dikuatirkan adalah memudarnya lukisan ini, kan larangannya bisa diubah menjadi “no blitz”. Hehehe.

Email dari Rong

Email dari Rong

13 responses to “Mencuri Lukisan The Last Supper

  1. Baru tahu nih kalo lukisan Last Supper nggak boleh diambil gambarnya. Kalo lukisan Monalisa Smile bisa difoto nggak?
    Untung nggak ke-format lagi, bisa sia-sia perjalanan Europe nya tanpa foto lengkap hehehe

    • Iya gw jg br tau Lim..Klo Monalisa mah bebas..tp semrawut..Lukisan kecil tp yg di dpnnya byk bnr…
      Alhamdulillah nggak apa2..Sblmnya di backup jg sih..Belajar dr pengalaman…Hahhaa

Leave a Reply

