NGGAK ADA COKLAT DI CHOCOLATE HILLS

Awalnya, gue nggak kepikiran untuk mengunjungi Chocolate Hills yang berada di Bohol, Filipina. Pasalnya, emang tujuan awalnya cuma ke Manila saja. Tiketnya aja pergi Sabtu dini hari dan pulang Minggu malam. Yup, ini adalah trip weekend getaway gue. Hehehe. Namun, sebulan sebelum keberangkatan tiba-tiba Cebu Pacific me-reschedule flight kepulangan gue ke Jakarta! Waduh! Sebelum trip dimulai sudah ada masalah yang muncul. Kenapa di-reschedule mundur jadi masalah? Karena gue udah nggak punya cuti sejak #AnthoJourney bulan April-Juni kemarin. Hahaha (ketawa miris). Sempat kepikiran untuk membatalkan trip ini karena nggak yakin dikasih “cuti”. Udah biasa juga bagi gue menghanguskan tiket #soktajir. Walaupun sebenarnya tiket Cebu Pacific CGK-MNL-CGK ini nggak murah-murah banget. Harga kursinya sih PP cuma 2USD, tapi dengan embel-embel tax-la-la-la jadinya total 52USD #toyor. Namun karena gue belum pernah ke Filipina sebelumnya (tahun lalu udah beli tiket ke Palawan tapi gue hangusin), gue tetap “the show must go on” trip ini dan bilang ama si bos pesawat pulang dari Manila gue di-cancel. Cari mati sih sebenarnya gue nulis begini di blog yang si bos juga suka iseng baca. Maaf ya Pak 😀

Bandara Tagbilaran

Bandara Tagbilaran

Setelah memutuskan trip tetap berjalan karena dilema percutian telah selesai. Masalah berikutnya yang muncul adalah mau ngapain gue 3 hari di Manila??! Wong rencana awal weekend getaway gue ke Manila cuma hunting popcorn Chef Tony yang katanya lebih endeuz-surendeuz dibandingkan Garrett’s. Hahaha. Dengan waktu 3 hari, nggak memungkinkan untuk merealisasikan rencana tahun lalu ke Palawan. Terlintas landscape yang cukup terkenal di Filipina, yaitu Chocolate Hills. Mulailah gue googling tentang destinasi ini. Untuk mencapai Chocolate Hills yang berada di Bohol Province, dari Manila, gue harus naik pesawat lagi ke Cebu atau Tagbilaran City. Kalo dari Cebu, gue masih harus naik ferry lagi ke Tagbilaran City selama 2 jam dan harga ferry-nya juga nggak murah-murah amat. Kelebihannya adalah pilihan flight ke Cebu dari Manila lebih banyak. Tapi kalo dari Tagbilaran City, udah tinggal ngesot ke Chocolate Hills yang berada di kota Carmen. Akhirnya dengan pertimbangan menghemat waktu, gue memutuskan untuk mengambil flight direct ke Tagbilaran City walaupun harga tiket flight 1.5 jam MNL-TAG lebih mahal dari CGK-MNL-CGK. LOL. Nggak apa-apa demi landscape unik Chocolate Hills.

Chocolate Hills

Chocolate Hills

Nggak coklat kan?

Nggak coklat kan?

Bagi yang belum tahu Chocolate Hills. Chocolate Hills berada di pulau Bohol yang termasuk wilayah Visayas (Filipina bagian tengah). Chocolate Hills tersebut merupakan bentukan geologis yang unik dimana terdapat sekitar 1776 bukit bukit yang tersebar di area seluas 50 KM persegi. Bukit-bukit tersebut diselimuti oleh rerumputan yang jika pada musim kering akan berubah warna menjadi kecoklatan. Dari sanalah nama Chocolate Hills berasal. Chocolate Hills pun telah masuk ke dalam UNESCO World Heritage list. Pemerintah daerah Bohol mendirikan suatu kompleks yang memungkinkan melihat formasi Chocolate Hills di wilayah Carmen yang dinamakan “Chocolate Hills Complex” dengan tiket masuk seharga 50PHP (Philippine Peso ya, bukan Pemberi Harapan Palsu. LOL). Dari pintu masuk Chocolate Hills kita harus naik puluhan anak tangga menuju view point. Nah, selama di Bohol, gue menyewa mobil dari pick-up di airport, seharian ke destinasi seperti Chocolate Hills dan pusat Tarsius sampai kepulangan kembali ke bandara seharga 2.000PHP. Bukan, bukan karena gue tajir atau gimana tapi lebih ke transportasi umum di Bohol kurang bisa diandalkan. Well, nggak cuma di Bohol sih sebenarnya. Hahaha.

Chocolate Hills sebagai background narsis pake tongsis

Chocolate Hills sebagai background narsis pake tongsis

2 responses to “NGGAK ADA COKLAT DI CHOCOLATE HILLS

Leave a Reply

