Visa (Waiver) Taiwan Tinggal KLIK dan GRATIS!

Sebenarnya ke Taiwannya sih udah dari Oktober tahun 2016, tapi berhubung mood menulisnya baru muncul, ya mau gimana lagi. Awalnya gue nggak tau kalau ke Taiwan bisa pake visa waiver alias bebas visa, gue pun mulai dengan mempersiapkan persyaratan untuk membuat visa secara langsung di Taipei Economic and Trade Office (TETO) atau Kantor Dagang Perwakilan Taiwan di Jakarta. Berdasarkan riset yang gue lakukan di website ini, gue menemukan bahwa persyaratannya sebagai berikut:

  1. Isi formulir melalui website berikut yang kemudian diprint dan ditandatangai langsung oleh yang bersangkutan
  2. Melampirkan 2 lembar pasfoto terbaru (6 bulan terakhir) berukuran 4×6 dengan background putih
  3. Paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan (single entry) atau 12 bulan (multiple entry) beserta fotokopiannya
  4. Surat keterangan kerja atau sekolah bagi pelajar
  5. Fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir
  6. Fotokopi Kartu Keluarga
  7. Biaya Visa Rp 650.000 (single entry) atau Rp 1.300.000 (multiple entry)

Setelah semua dokumen lengkap, gue berkunjung ke kantor TETO yang berada di Gedung Artha Graha (seberang Mall Pacific Place) komplek SCBD Senayan-Jakarta lantai 12. Begitu sampai, gue lihat ruangannya ramai banget! Langsung ke security nya dan bilang mau apply visa wisatawan. Bapak security akan memeriksa kelengkapan dokumen kita sekaligus menempelkan pasfotonya. Jika lengkap, si Bapak akan memberikan nomor antrean dan gue mendapat antrean nomor 2. Begitu nomor gue dipanggil, gue ke depan loket dan menyerahkan semua dokumen. Mbak-mbak petugasnya kemudian membolak-balik halaman paspor gue, kemudian bilang, “Mas, ini masih ada visa Schengen-nya”. Gue pun mengangguk mengiyakan. Si Mbak menambahkan lagi, “Kalo ada ini nggak perlu bikin ke sini Mas, cukup apply online saja”. “Tapi udah nggak berlaku, Mbak”, jawab gue. Si Mbak kemudian mengambil secarik kertas berisikan info tentang visa waiver Taiwan sambil bilang, “Syaratnya udah diperbaharui Mas. Expired kurang dari 10tahun boleh. Lagian gratis Mas, kalau di sini bayar. Jadi gimana? Mau saya proses?”. Gue pun dengan semangat bilang, “Oke saya apply online Mbak”. Langsung gue buka link yang ada di kertas yang diberikan si Mbak tadi dan ternyata benar adanya!

Secara umum, persyaratan jika ingin mengajukan visa waiver Taiwan sebagaimana disebutkan di website-nya adalah sebagai berikut:

  1. Paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan terhitung sejak tanggal kedatangan di Taiwan
  2. Tiket pulang pergi, baik menggunakan pesawat maupun ferry
  3. Pemohon tidak pernah bekerja di Taiwan
  4. Pemohon memiliki setidaknya salah satu visa dari Australia, Canada, Jepang, Korea Selatan, New Zealand, negara Schengen, United Kingdom (Inggris), atau United States yang masih berlaku atau sudah expired dalam kurun 10 tahun

Setelah yakin semua persyaratan umum di atas telah terpenuhi (gue punya 2 visa Schengen yang diterbitkan tahun 2012 dan 2014), gue mulailah proses pembuatan visa waivernya:

  1. Buka website National Immigration Agency Ministry of Interior kemudian pilih bahasa (bisa Indonesia, Inggris atau bahasa lain yang tertera di sana jika memang menguasainya). Dapat dilihat di halaman ini bahwan visa waiver ini hanya untuk warga negara India, Vietnam, Filipina, Indonesia, Myanmar, Kamboja dan Laos. 
  2. Setelah memilih bahasa (saya memilih bahasa Inggris), akan ada tampilan alur pengajuan aplikasi visa waiver ini. Silakan dipelajari dan klik next. Kemudian akan muncul persyaratan seperti yang telah disebutkan di atas, lalu klik next.
  3. Di langkah ini, kita akan diminta mengisi data-data yang dibutuhkan seperti nationality, nama lengkap, nomor paspor, tanggal expired paspor, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon, email, detail visa yang dimiliki (negara serta nomor visanya). Jika sudah lengkap dan merasa benar, silakan klik next atau re-fill jika masih ada kesalahan.
  4. Setelah klik next, akan tampil halaman verifikasi data yang telah dimasukan sebelumnya. Jika sudah benar, silakan klik submit.
  5. Voila! Visa waiver Anda untuk memasuki Taiwan sudah selesai. Tinggal print dan bawa ketika Anda ke Taiwan

Notes: Ketika kemarin memasuki, agak lama si petugas imigrasi memeriksa halaman visa Schengen-nya. Bahkan si petugas menggunakan semacam lup aka kaca pembesar untuk meneliti keasliannya. Pas keluar, petugasnya juga lama memberikan capnya. Huft

 

 

2 responses to “Visa (Waiver) Taiwan Tinggal KLIK dan GRATIS!

  1. sempet tertarik ke Taiwan gara2 visa waiver ini sihh….tapi masih ragu2. Nunggu postingan itinerary sama jalan-jalan di Taiwan-nya dulu deh 😀

Leave a Reply

