Hal Tergila Yang Gw Lakuin: Lompat Dari Pesawat!

Sebagai adrenaline junkie, gw selalu menyempatkan diri ke theme park yang memiliki roller coaster ekstrim ke negara manapun gw pergi (jika ada). Saat ke Universal Studio Singapore, gw minimal 2x naik Battlestar Galactica: Human vs Cylon. Saat ke Universal Studio Japan, gw pun 2x naik Hollywood Dream: The Ride, dimana kita duduk menghadap belakang jadi kita tidak mengetahui arah roller coasternya. Seru! Masih di Jepang, gw berhasil menaklukkan 3 dari 4 rollercoaster ekstrim di Fuji-Q Highland . Ketiga roller coaster tersebut adalah Fujiyama (roller coaster tertinggi), Eejanaika (roller coaster 4-D) dan Takabisha (roller coaster dengan kecuraman 121 derajat), sedangkan roller coaster tercepat Dodonpa saat itu sedang maintenance. Hiks. Begitupun ketika berkunjung ke Seoul, gw sengaja masukin Neverland demi menaiki roller coaster dari kayu; T-Express. Gw belum coba roller coaster di US atau Australia sih *kode siapa tau ada yang mau bayarin* Hahaha. Nah, terlihat kan gw suka ama yang berbau menantang adrenalin? Makanya, begitu nge-plan ke New Zealand, gw pun kembali menantang adrenalin dengan memasukkan skydive ke things-to-do selama di sana.

DCIM100GOPROG0021047.

Antre naik pesawat 😀

Berdasarkan artikel ini, tempat terbaik untuk melakukan skydive di New Zealand adalah di Wanaka. Namun, dikarenakan operator di Wanaka hanya satu dan harganya cukup mahal, maka gw mengalihkan pilihan gw ke Queenstown. Queenstown sendiri memiliki 2 operator skydive yaitu N-Zone dan Skydive Paradise. Keduanya sudah lama berkecimpung di dunia per-skydive-an. Gw memutuskan memilih Skydive Paradise berdasarkan faktor harga (iya harga yang murah) hehehe. Di Skydive Paradise, gw mendapatkan paket ketinggian 15,000 feet lengkap dengan dokumentasi dengan 578 NZD, sedangkan paket yang sama di N-Zone harganya 768 NZD. Jauh kan bedanya! Gw pun langsung mem-booking slot di website mereka sesuai tanggal yang gw inginkan yaitu 4 Mei 2017 pukul 8 pagi. Proses booking ini gw lakukan saat gw masih di Jakarta.

DCIM100GOPROG0031080.

Framing view danau Wanaka

Menjelang hari H, gw sempat dag-dig-dug memikirkan kalau besok gw akan lompat dari pesawat! Banyak pikiran macem-macem menghampiri, seperti “gimana kalo parasutnya nggak bekerja?” atau “Gimana kalo tetiba gw jantungan pas lompat?”. Iya, pikiran gila seperti itu muncul di detik-detik terakhir. Hari yang ditunggu akhirnya datang juga. Masih dengan pikiran gila tadi, gw menelpon Skydive Paradise pukul 7:30 pagi. Kabar mengejutkan gw terima. Slot skydive pukul 8 hari itu ditiadakan karena faktor cuaca dan gw diberikan pilihan untuk reschedule ke slot selanjutnya yaitu pukul 10. Gw pun mengiyakan dan mereka kembali meminta gw untuk mengecek kembali 30 menit sebelumnya. Pukul 9:30, gw kembali menelepon Skydive Paradise dan kembali mendapat kabar kalo hari itu semua slot ditiadakan karena faktor cuaca. Mereka memberikan opsi untuk reschedule menjadi esok hari atau full refund. Nggak mau gambling dengan cuaca di Queenstown esok hari, gw meminta full refund. Gw pun langsung mereschedule tiket bus Queenstown-Wanaka menjadi lebih cepat dan mencoba peruntungan di Wanaka.

Keliatan nggak kalo itu gw?

Keliatan nggak kalo itu gw?

Setibanya di Wanaka, cuaca cerah menyambut. Gw langsung menuju ke Visitor Center Wanaka untuk menanyakan perihal skydive di Wanaka. Petugas yang menjaga dengan baik hati menelpon operator skydive satu-satunya; Skydive Wanaka untuk menanyakan slot skydive di hari itu. Dan berita tak mengenakkan kembali gw terima. Slot skydive di hari itu penuh semua. Gw pun langsung mem-booking slot terpagi karena takut hal yang sama kembali terulang. Esokpun datang. Petugas Skydive Wanaka menelpon hostel untuk menginfo gw agar bersiap menunggu penjemputan di lobby. Alhamdulillah jadi juga akhirnya. Selama perjalanan menuju basecamp Skydive Wanaka, peserta diputarkan video mengenai safety instruction ketika melakukan skydive. Sesampainya di basecamp, kami didata ulang dan diminta untuk konfirmasi ulang paket yang dipilih. Gw memilih paket 12.000ft dengan tambahan dokumentasi full berupa handicam dari tandem serta seorang flyer yang bertugas mendokumentasikan dari darat sampai kembali di darat. Total dana yang mesti gw rogoh sebesar 678NZD. Mahal? Banget! But hey, it was once in a lifetime.

Saat dijorokin dari pesawat

Saat dijorokin dari pesawat

Sebelum melakukan skydive, masing-masing peserta diberikan jumpsuit, helm dan gloves untuk dipakai. Setelah memakai semua perlengkapan, seorang petugas akan memakaikan harness yang akan di-“strap to a stranger” yaitu si tandem. Yup, tagline mereka adalah Strap Yourself To A Stranger. Si petugas menanyakan apakah gw yakin tidak mau memakai gloves saat di atas? Gw menjawab yakin karena gw menuliskan tulisan “YOLO” di telapak tangan kanan dan “ANTHO” di telapak tangan kiri. Hahaha. Sebelum digiring memasuki pesawat, semua peserta yang membeli paket dengan dokumentasi diwawancara oleh si tandem atau cameraman. Di dalam pesawat sambil menunggu giliran, si cameraman selalu mendokumentasikan dan si tandem mengecek kekencangan strap antara dia dan gw. Baik si cameraman maupun si tandem selalu mengajak becanda. Sepertinya ini teknik menghilangkan ketakutan peserta. Dengan becandaan dan indahnya pemandangan danau Wanaka dari atas tetap tidak bisa menghilangkan ketakukan gw. Hahaha. Saat giliran gw, si tandem mendorong badan gw dengan badannya dan seketika……….jantung gw berasa masih ketinggalan di pesawat dan badan gw jatuh. Gw cuma teriak sekencangnya dengan posisi badan yang sudah diinstruksikan sebelumnya. Gw mulai menikmati pemandangan di bawah sambil sesekali mencari si cameraman demi eksis di video. Hahhahhaa. Freefall yang nggak sampe 1 menit mengasikkan sampai akhirnya parasut dikembangkan. Perut mulai mual apalagi ketika mulai mencari titik pendaratan. Mutar. Mutar. Mutar. Untungnya belum sarapan jadi nggak jackpot. LOL

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s