Transit Di Australia? Perlu Visa Lho

Perjalanan gw ke New Zealand tahun lalu mengharuskan gw transit di Sydney, Australia. Sebenarnya sih, awalnya emang tiket yang gw beli adalah tiket promo Garuda Indonesia ke Sydney. Jadi, ya mau nggak mau harus transit di Sydney. Hahaha. Sehabis membeli tiket promo ke Sydney, gw memutuskan nggak eksplor Australia dulu, tetapi langsung membeli tiket lanjutan ke New Zealand. Jika transit antara 8 sampai 72 jam, sebagai warga negara berpaspor hijau, gw diharuskan memiliki visa transit sebagaimana dijelaskan di website kedutaan Australia ini. Berhubung udah di Sydney, gw pun ingin memanfaatkan visa transit ini walau hanya menjelajah di Sydney. Jadi, di hari kedatangan dari Jakarta gw hanya menghabiskan seharian penuh di Sydney ICC karena ada event Les Mills Live dan di kepulangan dari New Zealand gw habiskan 3 hari untuk menjelajah Sydney karena penasaran dengan kangguru dan koala. Lumayan kan? Jika memiliki waktu lebih, dengan visa transit, total waktu untuk eksplor Australia sebanyak  6 hari.

Persyaratan untuk mengajukan visa transit ini hampir sama dengan pengajuan visa biasa. Bedanya adalah visa transit ini GRATIS! Nggak sepenuhnya gratis sih, ada biaya service Australia Visa Application Service (AVAC). Adapun dokumen persyaratan visa transit ini sebagai berikut:

  1. Paspor asli + fotocopy semua halaman paspor yang berisi stempel imigrasi termasuk halaman pertama dan terakhir. Paspor asli akan kita bawa pulang kembali, hanya digunakan untuk verifikasi.
  2. Pas foto terbaru berukuran 3.5 cm x 4.5 cm sebanyak 1 lembar
  3. Mengisi aplikasi formulir aplikasi Visa transit no. 876. (pastikan multiple entry)
  4. Fotokopi KTP anda dan kartu keluarga
  5. Bukti return tiket
  6. Itinerary atau bukti tiket perjalanan atau dokumentasi yang menunjukkan rencana perjalanan anda, setelah anda keluar dari Australia
  7. Biaya administrasi per paspor = Rp 158.000

Di hari pengambilan visa New Zealand, gw memutuskan langsung go-show mengajukan visa transit karena lokasinya sama-sama di VFS Global Kuningan City lantai 2. Tentunya dengan telah mempersiapkan persyaratan di atas sebelumnya. Begitu selesai mengambil paspor berstiker visa New Zealand, gw langsung keluar dan mengambil antrian lagi untuk visa transit Australia. Antrean pengajuan visa Australia cukup lama dan gw menunggu sejam lebih sampai akhirnya dipanggil. Petugas AVAC hanya memeriksa kelengkapan berkas dan kemudian memberitahukan biaya pemrosesan sebesar Rp 158.000 yang bisa dibayarkan menggunakan cash atau kartu kredit. Setelah pembayaran, petugas memberikan slip bukti pembayaran. Diapun memberikan sebuah kertas yang berisi cara pengecekan proses aplikasi visa kita melalui website VFS Global ini dengan cukup memasukkan nomor VLN dan tanggal lahir.

Lacak Aplikasi Visa Australia

Jika semuanya lancar dan visa kita di-approve, kita akan menerima email dari kedutaan Australia langsung yang menyatakan bahwa visa telah granted seperti screenshot berikut.

Visa Granted

Advertisements

4 responses to “Transit Di Australia? Perlu Visa Lho

  1. halo, mau tanya,
    1. jadi bisa ya mengajukan visa transit ke australia walaupun kita beli tiketnya terpisah (jkt-syd syd-nz)?
    2. jadi di sydney ambil bagasi dong? itu ttp diitung transit ya kalo kurang dari 72 jam?
    3. pas pengajuan visa transit mintanya multiple transit ya kalo gitu?
    thanks before

    • halo irs,
      makasih udah mampir ya. menjawab pertanyaannya:
      1. bisa banget. kemarin saya begitu kok. syaratnya 8-72 jam transitnya
      2. iya karena berbeda airlines, keluar imigrasi & ambil bagasi. yg tdk perlu visa transit adalah jika transit kurang dr 72jam DAN hanya di airside bandara
      3. iya ajuin yg multiple

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s