Ke Maldives Nggak Harus Honeymoon & Nggak Harus Mahal

Welcome to Maldives

Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar Maldives? Honeymoon? Resort? Mahal? Well, semua itu juga berada di pikiran gw kok. Sampai akhirnya gw menapakkan kaki di sana, sendirian (notabene bukan honeymoon donk ya) dan terbukti nggak mahal (banget). Lho kok bisa? Tentu bisa. Pertama, kalian perlu tahu kalau AirAsia dan TigerAir yang terkenal dengan tiket murahnya memiliki jadwal penerbangan harian ke Male, ibukota Maldives. Kalian tinggal memilih mau transit di Kuala Lumpur (AirAsia) atau di Singapura (TigerAir). Kebetulan gw kemarin menggunakan AirAsia. Murah kah? Tergantung kalian dapat tiket promo atau tidak. Hehehe. Nah yang kedua, Maldives nggak melulu tentang resort. Belakangan penginapan murah mulai marak di pulau masyarakat lokal Maldives. Ketiga, warga Indonesia tidak perlu visa untuk berkunjung ke Maldives selama 30 hari jadi nggak perlu ribet dan biaya tambahan untuk pengurusan visa.

Public Ferry

Secara geografis, Maldives merupakan negara kepulauan yang mirip dengan Indonesia. Namun secara luas, Maldives hanya 1/2 dari kepulauan Wakatobi. Iya, kecil banget! Sebagai negara kepulauan, Maldives pun memiliki pulau-pulau dengan pantai-pantai dan alam bawah laut yang cantik. Terus, Indonesia kan udah punya pantai cantik dari Sabang sampai Merauke, untuk apa pergi jauh ke Maldives? Nggak dipungkiri, tujuan awal pergi ke Maldives adalah mengecap paspor dengan cap negara berbeda. Tujuan baru pasti akan ada cerita dan pengalaman baru. It’s not about the destination but it’s all about the journey.

Bikini Beach Maafushi

Dari sekian banyak pulau, ada 3 pulau yang terkenal dengan hotel “murah”nya yaitu Gulhi, Maafushi dan Guraidhoo. Nah, gw kemarin cuma merasakan menginap di Maafushi, yaitu di Holiday Lodge Maafushi. Untuk menginap selama 2 malam di sini, gw mendapatkan harga US$ 62++ termasuk sarapan dan makan malam. Plus-plusnya ini sih yang agak lumayan, yaitu 12% PPN dan 11.2% service tax. Huft. Cara termurah untuk mencapai Maafushi dari bandara adalah dengan menggunakan ferry bandara menuju Male (10 MVR), dilanjutkan dengan taksi dari Hulhumale Ferry Terminal ke Villingili Ferry Terminal (25 MVR) dan terakhir ferry menuju Maafushi dengan lama perjalanan 1.5 jam (53 MVR). Total biaya yang dikeluarkan hanya 88 MVR atau sekitar 78 ribu rupiah. Jadwal ferry Male menuju Maafushi ada setiap hari pukul 15:00 kecuali hari Jum’at. Hari Jum’at tidak ada ferry sama sekali jadi perlu dipastikan tidak menjadwalkan penyebrangan ke Maafushi pada hari Jum’at. Di hari Minggu, Selasa dan Kamis ada ferry tambahan yang berangkat pukul 10:00. Gw kemarin naik ferry tambahan ini walau lebih mahal 30 MVR dibandingkan ferry yang berangkat sore, tetapi siang hari gw udah sampai di Maafushi. Dengan menggunakan ferry, I travel like Maldivian.

Tiket Ferry

Pulau Maafushi tidak terlalu luas. Jika mau dibandingkan, mungkin hanya seluas Gili Trawangan. Perbedaan mencoloknya adalah Maafushi “mati” ketika malam tiba. Hal ini mungkin dikarenakan alkohol dilarang di semua pulau Maldives. Satu-satunya pantai bagus di sini hanya Bikini Beach. Itupun selalu ramai dengan bule-bule karena hanya di pantai ini mereka boleh mengenakan bikini dengan bebas. Jadi menurut gw, seharian aja cukup untuk mengeksplor Maafushi. Sisa hari selama di sana bisa digunakan untuk one-day-trip ke resort bagi yang ingin mencicipi rasanya di pulau resort atau snorkeling trip. Pemilik hotel bekerja sama dengan operator tur menjual beberapa paket excursion dengan beragam harga mulai dari US$68 sampai US$190. Gw memilih ekskursi ke Adaaran Prestige Vadoo karena dengan US$120 sudah termasuk UNLIMITED ALCOHOLIC drinks, buffet lunch dan transport PP. Yes, kalian nggak salah baca tulisan yang gw kasih huruf kapital; minuman beralkohol sepuasnya! Mahal sih emang, tapi masa iya udah jauh-jauh ke Maldives nggak merasakan resort ber-water villa walau cuma sekedar foto-foto. Hahaha.

Paket Ekskursi

Sunset di Adaaran Resort

Karena No Pic = Hoax

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s